6 Perang Besar yang Melibatkan Israel, Nomor 4 Negara Zionis Hampir Hancur

Minggu, 08 Oktober 2023 - 18:30 WIB
loading...
6 Perang Besar yang Melibatkan Israel, Nomor 4 Negara Zionis Hampir Hancur
Perang Yom Kippur menjadikan Israel harus mengakui keunggulan negara-negara Arab lainnya. Foto/Britannica
A A A
GAZA - Israel merupakan negara yang identik dengan perang dan kekerasan. Itu menjadi negara tersebut kerap terlibat konflik. Hal itu disebabkan awal berdirinya negara Zionis juga dikarenakan darah dan peperangan.

Sejarah mencatat, Israel telah terlibat dalam banyak perang dengan negara Arab. Itulah yang menjadikan Israel sebagai negara yang sangat memperhatikan kekuatan militernya. Mereka juga memiliki aliansi yang sangat terutama dengan Amerika Serikat dan negara di Eropa lainnya.

Berikut adalah 6 perang yang melibatkan Israel dengan negara Arab lainnya.

1. Perang Kemerdekaan Israel dan Nakbah Palestina (1948–49)

6 Perang Besar yang Melibatkan Israel, Nomor 4 Negara Zionis Hampir Hancur

Foto/Britannica

Melansir Britannica, pada bulan November 1947 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memutuskan untuk membagi mandat Inggris atas Palestina menjadi negara Yahudi dan negara Arab. Bentrokan segera terjadi antara orang Yahudi dan Arab di Palestina. Ketika pasukan Inggris bersiap untuk mundur dari Palestina, konflik terus meningkat, baik pasukan Yahudi maupun Arab saling berperang.

Salah satu peristiwa yang paling terkenal adalah serangan terhadap desa Arab Deir Yassin pada tanggal 9 April 1948. Berita tentang pembantaian brutal di sana yang dilakukan oleh Irgun Zvai Leumi dan pasukan Stern Gang menyebar luas dan menimbulkan kepanikan dan pembalasan. Beberapa hari kemudian, pasukan Arab menyerang konvoi Yahudi menuju Rumah Sakit Hadassah, menewaskan 78 orang.

Menjelang penarikan pasukan Inggris pada tanggal 15 Mei 1948, Israel mendeklarasikan kemerdekaan. Keesokan harinya, pasukan Arab dari Mesir, Transyordania (Yordania), Irak, Suriah, dan Lebanon menduduki wilayah di selatan dan timur Palestina yang tidak diperuntukkan bagi orang Yahudi berdasarkan pembagian Palestina oleh PBB dan kemudian merebut Yerusalem Timur, termasuk wilayah kecil Yahudi dari Kota Tua.

Tujuan invasi tersebut adalah untuk memulihkan hukum dan ketertiban sehubungan dengan penarikan Inggris, mengutip insiden seperti yang terjadi di Dayr Yāsīn, dan krisis pengungsi yang berkembang di negara-negara tetangga Arab. Sementara itu, Israel berhasil menguasai jalan utama menuju Yerusalem melalui Pegunungan Yehuda (“Bukit Yudea”) dan berhasil memukul mundur serangan Arab yang berulang kali. Pada awal tahun 1949, Israel telah berhasil menduduki seluruh Negev hingga bekas perbatasan Mesir-Palestina, kecuali Jalur Gaza.

Antara bulan Februari dan Juli 1949, sebagai hasil dari perjanjian gencatan senjata terpisah antara Israel dan masing-masing negara Arab, perbatasan sementara ditetapkan antara Israel dan negara-negara tetangganya. Di Israel, perang ini dikenang sebagai Perang Kemerdekaan. Di dunia Arab, peristiwa ini kemudian dikenal sebagai Nakbah (atau Nakba; “Bencana”) karena banyaknya pengungsi dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal akibat perang.

2. Krisis Suez (1956)

6 Perang Besar yang Melibatkan Israel, Nomor 4 Negara Zionis Hampir Hancur

Foto/Britannica

Ketegangan meningkat lagi dengan naiknya kekuasaan Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser, seorang nasionalis Pan-Arab yang setia. Nasser mengambil sikap bermusuhan terhadap Israel. Pada tahun 1956 Nasser menasionalisasi Terusan Suez, jalur air penting yang menghubungkan Eropa dan Asia yang sebagian besar dimiliki oleh Perancis dan Inggris.

Prancis dan Inggris menanggapinya dengan membuat kesepakatan dengan Israel—yang kapal-kapalnya dilarang menggunakan terusan tersebut dan pelabuhan selatan Elat telah diblokade oleh Mesir—yang mana Israel akan menyerang Mesir; Prancis dan Inggris kemudian akan melakukan intervensi, seolah-olah sebagai pembawa perdamaian, dan mengambil kendali atas terusan tersebut.

Pada bulan Oktober 1956 Israel menginvasi Semenanjung Sinai Mesir. Dalam lima hari tentara Israel merebut Gaza, Rafaḥ, dan Al-ʿArīsh—menawan ribuan orang—dan menduduki sebagian besar semenanjung di sebelah timur Terusan Suez. Israel kemudian dapat membuka komunikasi laut melalui Teluk Aqaba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)